PENGARUH CUSTOMER SOCIABILITY, CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023
Berdasarkan hasil observasi saat praktek belajar lapangan di RSUD
Haji, peneliti melihat adanya beberapa pasien yang saling berbicara antar
sesamanya (pasien), dilihat juga dari pelayanan yang diberikan tergolong cukup
baik. Terdapat salah satu teori yang menyatakan bahwa word of mouth dapat
mempengaruhi kemungkinan niat seseorang untuk membeli atau memilih suatu
layanan. Berdasarkan hal tersebut terdapat juga jumlah kunjungan pasien
instalasi rawat inap yang terus meningkat dari tahun 2020 – pada tahun 2022
dengan jumlah 14095. Berdasarkan uraian tersebut, terdapat tujuan dalam
penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh costumer sociability, customer
service experience, dan word of mouth terhadap loyalitas pasien instalasi rawat
jalan di RSUD Haji Makassar Tahun 2023.
Jenis Penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah p
enelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan
di instalasi rawat jalan RSUD Haji Makassar sebanyak 399 responden yang
ditentukan melalui teknik accidental sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui kuesioner dan data sekunder rumah sakit.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara variabel customer sociability terhadap loyalitas pasien dengan
nilai (p=0,093), terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel customer
service experience dan juga variabel word of mouth terhadap loyalitas pasien
dengan masing – masing nilai (p=0.000). Kemudian hasil uji F diperoleh nilai
p=0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan
antara customer sociability, customer service experience, dan word of mouth
terhadap loyalitas pasien instalasi rawat jalam di Rumah Sakit Umum Daerah
Haji Makassar. Disarankan pihak RSUD Haji Makassar dapat lebih baik
memperhatikan lagi perihal yang dapat meningkatkan customer sociability,
customer service experience, dan word of mouth sehingga pasien merasa
senang atau terpenuhi dan dapat menjadi pasien yang loyal.
Kata Kunci : Costumer Sociability, Cusromer Service Experience, Word
Of Mouth, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit.
Detail Information
Citation
APA Style
MUH. ALFIAN ZULKARNAIN . (2023).
PENGARUH CUSTOMER SOCIABILITY, CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Chicago Style
MUH. ALFIAN ZULKARNAIN .
PENGARUH CUSTOMER SOCIABILITY, CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
MLA Style
MUH. ALFIAN ZULKARNAIN .
PENGARUH CUSTOMER SOCIABILITY, CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
Turabian Style
MUH. ALFIAN ZULKARNAIN .
PENGARUH CUSTOMER SOCIABILITY, CUSTOMER SERVICE EXPERIENCE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi