PENGARUH HANDLING COMPLAINT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023
Salah satu alasan mengapa terjadi perpindahan pasien dari rumah sakit
satu ke penyedia jasa lainnya karena terdapat pasien yang tidak puas dengan
pelayanan yang pasien terima sehingga bisa membuat pasien memilih
mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit lain. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh handling complaint terhadap
kepuasan dan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit TK II 14.05.01
Pelamonia Makassar.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan cross-sectional study. Dengan populasi pasien rawat jalan
menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling dengan sampel
sebanyak 247 di Rumah Sakit TK II 14.05.01 Pelamonia Makassar.
Pengumpulan data menggunakan alat bantu kuesioner. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis uji chi-square dan analisis uji regresi linear berganda
dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh handling
complaint diketahui empathy (p=0,315), responsiveness (p=0,025), fairness
(p=0,000), kemudahan (p=0,000) terhadap kepuasan, dan pengaruh handling
complaint diketahui empathy (p=0,064), responsiveness (p=0,020), fairness
(p=0,277), kemudahan (p=0,040) terhadap loyalitas pasien.
Kata kunci : handling complaint, kepuasan pasien, loyalitas pasien, rumah
sakit
Detail Information
Citation
AEINUN MUTMAINNAH MODIM. (2023).
PENGARUH HANDLING COMPLAINT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
AEINUN MUTMAINNAH MODIM.
PENGARUH HANDLING COMPLAINT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
AEINUN MUTMAINNAH MODIM.
PENGARUH HANDLING COMPLAINT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
AEINUN MUTMAINNAH MODIM.
PENGARUH HANDLING COMPLAINT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TK II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi