Detail Cantuman

HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023

HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023


Loyalitas adalah suatu kesetiaan seseorang atas suatu produk atau jasa
tertentu yang merupakan bentuk dan kelanjutan dari kepuasan pasien dalam
menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit
serta untuk tetap menjadi pelanggan dari rumah sakit tersebut. Menurunnya
jumlah kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Labuang Baji Makassar dari tahun
ke tahun tidak bisa dibiarkan begitu saja oleh pihak rumah sakit, oleh karena itu
pihak rumah sakit perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
loyalitas pasien salah satunya dengan menerapkan customer relationship
management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan customer
relationship management dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSUD Labuang
Baji Makassar Tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
rancangan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak
863 pasien, kemudian sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin
yaitu sebanyak 273 pasien dan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan
accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat
dengan uji chi-square, dan analisis multivariat dengan regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara manusia
(people) (p=0,035), proses (process) (p=0,011), pengetahuan dan pemahaman
(knowledge and insight) (p=0,001) dengan loyalitas pasien. Sedangkan teknologi
(technolgy) tidak berhubungan dengan loyalitas pasien dengan nilai (p=0,315),
kemudian variabel yang paling berhubungan dengan loyalitas pasien adalah
pengetahuan dan pemahaman (knowledge and insight). Diharapkan kepada
pihak rumah sakit untuk tetap menjaga, mempertahankan dan meningkatkan
penerapan customer relationship management sehingga mampu
mempertahankan dan meningkatkan jumlah pasien yang loyal.
Kata kunci: Customer relationship management, loyalitas pasien.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SITTI AISYAH - Personal Name (Pengarang)
Nurmulia Wunaini Ngkolu, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Sriyani Windarti, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Reski Dewi Pratiwi, SKM.,M.Kes - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.7 SIT h
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa English
Penerbit INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

SITTI AISYAH. (2023).HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA

SITTI AISYAH.HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

SITTI AISYAH.HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

SITTI AISYAH.HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet