HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023
Loyalitas adalah suatu kesetiaan seseorang atas suatu produk atau jasa
tertentu yang merupakan bentuk dan kelanjutan dari kepuasan pasien dalam
menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit
serta untuk tetap menjadi pelanggan dari rumah sakit tersebut. Menurunnya
jumlah kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Labuang Baji Makassar dari tahun
ke tahun tidak bisa dibiarkan begitu saja oleh pihak rumah sakit, oleh karena itu
pihak rumah sakit perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
loyalitas pasien salah satunya dengan menerapkan customer relationship
management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan customer
relationship management dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSUD Labuang
Baji Makassar Tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
rancangan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak
863 pasien, kemudian sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin
yaitu sebanyak 273 pasien dan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan
accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat
dengan uji chi-square, dan analisis multivariat dengan regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara manusia
(people) (p=0,035), proses (process) (p=0,011), pengetahuan dan pemahaman
(knowledge and insight) (p=0,001) dengan loyalitas pasien. Sedangkan teknologi
(technolgy) tidak berhubungan dengan loyalitas pasien dengan nilai (p=0,315),
kemudian variabel yang paling berhubungan dengan loyalitas pasien adalah
pengetahuan dan pemahaman (knowledge and insight). Diharapkan kepada
pihak rumah sakit untuk tetap menjaga, mempertahankan dan meningkatkan
penerapan customer relationship management sehingga mampu
mempertahankan dan meningkatkan jumlah pasien yang loyal.
Kata kunci: Customer relationship management, loyalitas pasien.
Detail Information
Citation
SITTI AISYAH. (2023).
HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
SITTI AISYAH.
HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
SITTI AISYAH.
HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
SITTI AISYAH.
HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi