Detail Cantuman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIMRS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2023

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIMRS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2023


Data jumlah kunjungan di rumah sakit umum daerah syekh yusuf
kabupaten gowa pada tahun 2020 sebanyak 8.199 pasien, pada tahun
2021 sebanyak 8.599 pasien, pada tahun 2022 sebanyak 12.803 pasien
Kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf
Kabupaten Gowa mengalami fluktuatif yang salah satunya di sebabkan
karena adanya penyebaran virus COVID-19 dan sistem informasi
menajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan sistem yang mendukung
pengambilan keputusan bagi pihak menajemen dalam menentukan
strategi untuk mencapai tujuan penyelengaraan Rumah Sakit Syekh Yusuf
Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan SIMRS terhadap kepuasan pasien rawat inap di
Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan rancangan penelitian desain cross sectional study. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 386 responden. Data penelitian
diambil melalui kuesioner dan tekhnik analisis data menggunakan Analisis
Univariat dan Analisis Bivariat menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel kualitas
pelayanan dengan nilai p=0,008 < 0,05 artinya terdapat pengaruh antara
variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dan pada variabel
SIMRS dengan nilai p=0,001 < 0,05 artinya terdapat pengaruh SIMRS
terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan SIMRS terhadap
kepuasan pasien Instalasi Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten
Gowa Tahun 2023. Saran dari penelitian ini ialah bagi pihak rumah sakit
lebih meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan keramahan kepada
pasien, dan meningkatkan pelayanan SIMRS pada pasien.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, SIMRS, Kepuasan Pasien.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang UMMUL ARIFAH MUSLIMIN - Personal Name (Pengarang)
Mangindara, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Ricky Perdana Poetra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Adriyana Adevia Nuryadin, S.E.,M.Ak - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.7 UMM p
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa English
Penerbit INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

UMMUL ARIFAH MUSLIMIN. (2023).PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIMRS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA

UMMUL ARIFAH MUSLIMIN.PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIMRS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

UMMUL ARIFAH MUSLIMIN.PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIMRS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

UMMUL ARIFAH MUSLIMIN.PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIMRS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet