Detail Cantuman

PENGARUH COMPLAINT HANDLING TERHADAP SATISFACTION MELALUI PATIENT LOYALTY DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023

PENGARUH COMPLAINT HANDLING TERHADAP SATISFACTION MELALUI PATIENT LOYALTY DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023


Complaint handling atau penanganan keluhan sangat penting untuk
menciptakan kepuasan (satisfaction) pasien untuk mendapatkan loyalitas pasien
(patient loyalty). Psenanganan keluhan penting dilakukan sebagai bentuk
pemberian solusi dari rumah sakit atas tanggapan negatif pasien untuk
mengembalikan kepercayaan pasien sehingga dapat meningkatkan loyalitas dan
pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh complaint handling terhadap
satisfaction melalui patient loyalty di instalasi rawat jalan RSUD Labuang Baji
Makassar Tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
casual dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel yang
digunakan adalah pasien RSUD Labuang Baji Makassar dengan jumlah 373
responden. Data penelitian diambil melalui kuesioner dan analisis yang
digunakan adalah Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel procedural justice
terhadap patient loyalty dengan nilai p-value 0.007 < 0.05 dengan t-statistik
sebesar 2.702 > 1.96, interactional justice terhadap patient loyalty dengan nilai pvalue
0.000 < 0.05 atau t-statistik sebesar 7.401 > 1.96, distributive justice
terhadap patient loyalty dengan nilai p-value 0.000 < 0.05 atau t-statistik 4.431 >
1.96 dan variabel complaint handling terhadap satisfaction melalui patient loyalty
sebagai variabel moderasi dengan nilai p-value 0.000 < 0.05 atau t0-statistik
38.558 >1.96. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara procedural justice, interactional justice, dan distributive justice
terhadap satisfation secara tidak langsung melalui patient loyalty di Instalasi
Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2023.
Kata Kunci : Complaint Handling, Procedural Justice, Interactional Justice,
Distributive Justice, Satisfaction, Patient Loyalty


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang NURUL ALYA CAESA OCTORINA - Personal Name (Pengarang)
Hj. Afriyana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Adriyana Adevia Nuryadin, S.E.,M.Ak - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Mohammad Ardani Samad, S.Pd.,M.Pd - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.7 NUR p
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa English
Penerbit INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

NURUL ALYA CAESA OCTORINA. (2023).PENGARUH COMPLAINT HANDLING TERHADAP SATISFACTION MELALUI PATIENT LOYALTY DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA

NURUL ALYA CAESA OCTORINA.PENGARUH COMPLAINT HANDLING TERHADAP SATISFACTION MELALUI PATIENT LOYALTY DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

NURUL ALYA CAESA OCTORINA.PENGARUH COMPLAINT HANDLING TERHADAP SATISFACTION MELALUI PATIENT LOYALTY DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

NURUL ALYA CAESA OCTORINA.PENGARUH COMPLAINT HANDLING TERHADAP SATISFACTION MELALUI PATIENT LOYALTY DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet