Detail Cantuman

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023


Terdapat penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit
Bhayangkara Makassar pada tahun 2020 sejumlah 69.776 pasien, tahun 2021
menurun menjadi 49.630 pasien dan pada tahun 2022 sejumlah 115.336 pasien
atau dapat diketahui bahwa terjadi fluktuaktif pada pasien rawat jalan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan dengan
menerapkan metode Quality Function Deployment di instalasi rawat jalan Rumah
Sakit Bhayangkara Makassar Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
metode penelitian mixed method dengan jumlah sampel 398 pasien rawat jalan
RS Bhayangkara dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan
wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dan
Microsoft Excel dengan metode Quality Function Deployment (QFD).
Hasil penelitian ini adalah dari dimensi Bukti Langsung (Tangible) untuk
atribut dokter, perawat dan staf di rumah sakit berpenampilan rapi dan
profesional didapatkan hasil dari pihak rumah sakit dimana perlunya pemakaian
identitas seperti seragam bagi dokter, perawat dan staf. Dimensi Keandalan
(Reliability) untuk atribut pemberian obat secara tepat didapatkan hasil dari pihak
rumah sakit dimana perlunya meningkatkan kualitas pelayanan berdasarkan
SOP. Dimensi Ketanggapan (Responsiveness) untuk atribut Kemauan
staf/petugas untuk membantu pasien didapatkan hasil dari pihak rumah sakit
dimana perlunya meningkatkan kualitas pelayanan berdasarkan SOP.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, QFD, Rawat Jalan, Rumah Sakit


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Pengarang)
TENRI MULA - Personal Name (Pengarang)
Tri Wahyudi, S.ST.,M.M - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Hj. Afriyana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.7 TEN a
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes. ().ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().:

Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes.ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().:,.Skripsi

Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes.ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().:,.Skripsi

Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes.ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().:,.Skripsi

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet