PENGARUH BRAND IMAGE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023
Di era sekarang pembentukan sebuah brand image penting untuk rumah
sakit, terlebih dengan meningkatnya jumlah rumah sakit menjadi tantangan bagi
pengelola rumah sakit karena menimbulkan persaingan cukup ketat. Rumah sakit
harus menyediakan pelayanan berkualitas dengan harga bersaing serta digital
marketing yang baik dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan
keuntungan bagi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh brand image dan digital marketing terhadap loyalitas pasien rawat jalan
rumah sakit Tk.II 14.05.01 Pelamonia.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
dengan pendekatan cross-sectional study. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 366
pasien rawat jalan rumah sakit Tk.II 14.05.01 Pelamonia. Pengumpulan data
menggunakan alat bantu kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis
uji chi-square dan analisis uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brand image
terhadap loyalitas pasien rawat jalan rumah sakit Tk.II 14.05.01 Pelamonia.
Terdapat pengaruh digital marketing terhadap loyalitas pasien di rumah sakit
Tk.II 14.05.01 Pelamonia. Terdapat pengaruh signifikan brand image dan digital
marketing secara simultan terhadap loyalitas pasien rawat jalan rumah sakit Tk.II
14.05.01 Pelamonia. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan pada rumah sakit
Tk.II 14.05.01 Pelamonia Makassar agar bisa mempertahankan brand image
yang positif dan digital marketing yang baik agar loyalitas pasien tercapai.
Kata Kunci : Brand Image, Digital Marketing, Loyalitas Pasien, Rumah
Sakit
Detail Information
Citation
NUR IRNAWATI. (2023).
PENGARUH BRAND IMAGE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
NUR IRNAWATI.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
NUR IRNAWATI.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
NUR IRNAWATI.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi