PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED VALUE, SERVICE QUALITY, SATISFACTION DAN TRUST TERHADAP PATIENT LOYALTY RAWAT INAP DI RSUD H. PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR
Loyalitas adalah suatu sikap yang menggambarkan kesetiaan seseorang
terhadap sesuatu untuk memanfaatkannya secara berulang dalam memenuhi
kebutuhannya. Berdasarkan data jumlah kunjungan pasien rawat inap pada
tahun 2019 sebanyak 13.376, tahun 2020 mengalami penurunan sebanyak
7.572, tahun 2021 mengalami peningkatan sebanyak 8.345 dan tahun 2022
mengalami peningkatan sebanyak 13.801. Presentasi pemakaian tempat tidur di
RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Takalar hanya 52% tahun 2022. Dan belum
memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Depkes (2005) yang memberikan
syarat angka pencapaian minimal yaitu 60%-85%. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Brand Image, Perceived Value, Service Quality,
Satisfaction dan Trust terhadap Patient Loyalty rawat inap di RSUD H. Padjonga
Daeng Ngalle Takalar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional
study. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 389 pasien rawat inap di RSUD H.
Padjonga Daeng Ngalle Takalar dengan menggunakan metode teknik purposive
sampling. Data ini diambil dengan menggunakan kuesioner yang telah uji
validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dengan menggunakan uji regresi linear
berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 24.
Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh secara parsial pada variabel brand image (p=0,000),
perceived value (p=0,000), service quality (p=0,000), satisfaction (p=0,000),
dan trust (p=0,000), terhadap patient loyalty. Sedangkan melalui uji F, brand
image, perceived value, service quality, satisfaction dan trust terdapat pengaruh
secara simultan (p=0,000) terhadap patient loyalty rawat inap di RSUD H.
Padjonga Daeng Ngalle Takalar. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk
melakukan evaluasi secara berkala mengenai harapan dan persepsi pasien,
memberikan perhatian kepada pasien, menawarkan bantuan, pemberian
informasi yang lebih jelas dan lebih banyak memberikan nasihat yang dapat
menyemangati pasien dalam upaya penyembuhannya.
Kata Kunci : Brand Image, Perceived Value, Service Quality,
Satisfaction, Trust, Patient Loyalty
Detail Information
Bagian
Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang
RAHMAWATI - Personal Name (Pengarang)Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Mangindara, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)Sriyani Windarti, SKM.,M.Kes - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil
610.7 RAH p
Subyek
Klasifikasi
610.7
Judul Seri
GMD
Skripsi
Bahasa
English
Penerbit
INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Tahun Terbit
2023
Tempat Terbit
IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Citation
APA Style
RAHMAWATI . (2023).
PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED VALUE, SERVICE QUALITY, SATISFACTION DAN TRUST TERHADAP PATIENT LOYALTY RAWAT INAP DI RSUD H. PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Chicago Style
RAHMAWATI .
PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED VALUE, SERVICE QUALITY, SATISFACTION DAN TRUST TERHADAP PATIENT LOYALTY RAWAT INAP DI RSUD H. PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
MLA Style
RAHMAWATI .
PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED VALUE, SERVICE QUALITY, SATISFACTION DAN TRUST TERHADAP PATIENT LOYALTY RAWAT INAP DI RSUD H. PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
Turabian Style
RAHMAWATI .
PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED VALUE, SERVICE QUALITY, SATISFACTION DAN TRUST TERHADAP PATIENT LOYALTY RAWAT INAP DI RSUD H. PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR ().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi