Detail Cantuman

ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN METODE SERVQUAL, IPA DAN CSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023

ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN METODE SERVQUAL, IPA DAN CSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023


Kualitas memiliki hubungan yang sangat erat dengan kepuasan
pelanggan yaitu kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk
menjalani ikatan hubungan yang kuat dengan rumah sakit. Diketahui kepuasan
pasien di RSUD Labuang Baji mengalami fluktuasi dibawah ≥ 90% dan tidak
memenuhi indikator standar Kepmenkes Nomor 129 Tahun 2008 tentang
Standar Pelayanan Minimal yaitu ≥ 90%. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk menganalisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan dengan Metode Servqual,
IPA dan CSI di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar Tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuanti/tatif
dengan menggunakan metode Servqual, IPA dan CSI. Sampel dalam penelitian
ini adalah pasien rawat jalan sebanyak 379 responden. Alat pengumpulan data
primer dalam penelitian ini yaitu mengunakan metode survey dengan
mengunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat dengan
mengunakan metode Servqual, IPA, CSI.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode servqual,
IPA, CSI menunjukkan bahwa nilai seluruh dimensi kepuasan pasien yaitu
tangible (bukti fisik) sebesar 64,05%, reliability (keandalan) sebesar 65,88%,
responsiveness (daya tanggap) sebesar 61,85%, assurance (jaminan) sebesar
63,97%, emphaty (empati) sebesar 63,76%. Kesimpulan hasil penelitian ini dari
kelima dimensi yang diteliti bahwa kualitas pelayanan yang diberikan di RSUD
Labuang Baji pasien merasa cukup puas. Saran peneliti diharapkan kepada
pihak rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap kelima dimensi
mutu pelayanan agar pasien ketika berkunjung kembali merasa sangat puas.
Kata Kunci : Kepuasan, Metode Servqual, IPA, CSI, Rumah Sakit


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang FARHAN GONDA SALIM - Personal Name (Pengarang)
Ryryn Suryaman Prana Putra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Ricky Perdana Poetra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Adriyana Adevia Nuryadin, S.E.,M.Ak - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.7 FAR a
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa English
Penerbit INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

FARHAN GONDA SALIM. (2023).ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN METODE SERVQUAL, IPA DAN CSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA

FARHAN GONDA SALIM.ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN METODE SERVQUAL, IPA DAN CSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

FARHAN GONDA SALIM.ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN METODE SERVQUAL, IPA DAN CSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

FARHAN GONDA SALIM.ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN METODE SERVQUAL, IPA DAN CSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet