PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI TAHUN 2023
Customer experience (pengalaman pelanggan) adalah peristiwa atau
kejadian yang dialami dan memiliki kesan pribadi untuk pasien sebagai
tanggapan dari adanya rangsangan atau stimuli dari pelayanan yang
didapatkan. Meningkatnya jumlah rumah sakit di Indonesia baik yang dikelola
oleh pemerintah maupun swasta menuntut rumah sakit untuk tetap memberikan
tingkat kepedulian, profesionalisme dan kompetensi yang maksimal untuk
mencerminkan kualitas pelayanan terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh customer experience dan kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pasien instalasi rawat inap RSDUD Labuang Baji tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam peneleitian ini adalah penelitian
kuantitatif yang menggunakan metodologi penelitian yang dikenal dengan
penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Ruang Rawat Inap RSUD
Labuang Baji sebanyak 242 responden yang ditentukan melalui Teknik purposive
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder
rumah sakit. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh customer experience
terhadap loyalitas pasien (0,000) dan ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji (0,000). Disarankan pihak
RSUD Labuang Baji untuk meningkatkan customer experience dengan
berkomunikasi dengan baik dengan Bahasa yang mudah di pahami kepada
pasien serta selalu siap dan peduli jika pasien meminta bantuan.
Kata Kunci : customer experience, kualitas pelayanan, loyalitas pasien
Detail Information
Citation
Hj. Afriana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes. (2023).
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Hj. Afriana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes.
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
Hj. Afriana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes.
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi
Hj. Afriana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes.
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Skripsi