Detail Cantuman

PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023

PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023


INTISARI
PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP
RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023
Syahra Ramadhani
Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar
Jl Garuda No. 3 AD Makassar
Email: rsyahra08@gmail.com
Bauran pemasaran adalah alat untuk memberikan kepuasan
kepada pasien dan memberikan keuntungan bagi rumah sakit. Salah satu
rumah sakit daerah yang memiliki pesaing yaitu RSUD Labuang Baji
Makassar. Sehingga perlu upaya dalam memasarkan rumah sakit untuk
meningkatkan jumlah minat pengguna jasa layanan di RSUD Labuang
Baji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi bauran
pemasaran terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD
Labuang Baji.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan cross-sectional study. Teknik pengambilan sampel
menggunakan consecutive sampling dengan sampel sebanyak 241 pasien
rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar. Pengumpulan data
menggunakan alat bantu kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan
analisis uji chi-square dan analisis uji regresi linear berganda dengan
bantuan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi
kepuasan pasien secara signifikan di RSUD Labuang Baji Makassar yaitu
saluran distribusi, penjualan, periklanan, pengemasan, penanganan fisik,
penemuan fakta dan fisik. Adapun yang tidak berpengaruh secara
signifikan adalah perencanaan produk, pemberian merek atau cap,
promosi, dan pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji
Makassar. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan pada RSUD Labuang
Baji Makassar agar meningkatkan bauran pemasaran dan layanan
kesehatan pada pasien agar kepuasan pasien tercapai.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SYAHRA RAMADHANI - Personal Name (Pengarang)
Sriyani Windarti, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Ricky Perdana Poetra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil 610.7 SYA p
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa English
Penerbit S1 Administrasi Rumah Sakit
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

SYAHRA RAMADHANI. (2023).PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit

SYAHRA RAMADHANI.PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi

SYAHRA RAMADHANI.PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi

SYAHRA RAMADHANI.PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet