PENGARUH PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) PADA SITUASI KRISIS TERHADAP LOYALITAS PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023
ABSTRAK
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) PADA SITUASI KRISIS TERHADAP LOYALITAS PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023
Muh Akbar Fajar Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar Jl. Garuda No. 3 AD Makassar Email: akbaarfajarr31@gmail.com
Salah satu kondisi yang menjadi masalah kualitas pelayanan di rumah sakit adalah adanya keluhan dari pihak pemakai pelayanan kesehatan. Berdasarkan jumlah keluhan pasien yang didapatkan di Bagian Humas dan Pemasaran RSUD Haji Makassar pada tahun 2020 sebanyak 53 keluhan, pada tahun 2021 sebanyak 37 keluhan dan pada tahun 2022 sebanyak 79 keluhan. Artinya mengalami fluktuatif, pada tahun 2021 mengalami penurunan karena kurangnya kunjungan pasien yang diakibatkan COVID-19 dan meningkat pada tahun 2022. Jumlah kunjungan pasien lama BPJS rawat inap pada tahun 2020 sebanyak 3.408 pasien, tahun 2021 sebanyak 2.766 dan pada tahun 2022 sebanyak 7.215, artinya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir jumlah kunjungan pasien lama BPJS rawat inap di RSUD Haji Makassar 3 tahun terakhir mengalami fluktuatif. Semakin meningkat jumlah kunjungan di RSUD Haji Makassar setiap tahunnya, maka jumlah keluhan pasien juga meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Pada Situasi Krisis Terhadap Loyalitas Pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Haji Makassar Tahun 2023. Jenis Penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di instalasi rawat inap RSUD Haji Makassar sebanyak 240 responden yang ditentukan melalui teknik accidental sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh penanganan keluhan (complaint handling) pada dimensi empati (p=0,005), ada pengaruh penanganan keluhan (complaint handling) pada dimensi kecepatan (p=0,017), tidak ada pengaruh penanganan keluhan (complaint handling) pada dimensi kewajaran atau keadilan (p=0,289), ada pengaruh penanganan keluhan (complaint handling) pada dimensi kemudahan untuk menghubungi rumah sakit (p=0,000), dan ada pengaruh secara simultan penanganan keluhan (complaint handling) pada dimensi empati, kecepatan dalam penanganan keluhan, kawajaran atau keadilan dan kemudahan untuk menghubungi rumah sakit (Fhitung 37,019 dan p=0,000) pada situasi krisis terhadap loyalitas pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Haji Makassar. Disarankan pihak RSUD Haji Makassar dapat lebih baik dalam penanganan keluhan pasien dengan memperhatikan aspek empati, keadilan, kemudahan dan kecepatan penanganan keluhan, sehingga pasien puas dan dapat menjadi pasien yang loyal.
Kata Kunci : penanganan keluhan, loyalitas pasien, rumah sakit
Detail Information
Bagian
Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang
MUH AKBAR FAJAR - Personal Name (Pengarang)Mangindara, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Tri Wahyudi, S.ST.,M.M - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil
610.7 MUH p
Subyek
Klasifikasi
610.7
Judul Seri
GMD
Skripsi
Bahasa
English
Penerbit
S1 Administrasi Rumah Sakit
Tahun Terbit
2023
Tempat Terbit
IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Citation
APA Style
MUH AKBAR FAJAR . (2023).
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) PADA SITUASI KRISIS TERHADAP LOYALITAS PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit
Chicago Style
MUH AKBAR FAJAR .
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) PADA SITUASI KRISIS TERHADAP LOYALITAS PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi
MLA Style
MUH AKBAR FAJAR .
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) PADA SITUASI KRISIS TERHADAP LOYALITAS PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi
Turabian Style
MUH AKBAR FAJAR .
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) PADA SITUASI KRISIS TERHADAP LOYALITAS PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi