PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR TAHUN 2023
INTISARI
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR TAHUN 2023
Ade Febrijal Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar Jl. Garuda No 03 AD Makassar Email : febrijalade@gmail.com
Rumah sakit dengan setiap sistem informasi harus menyediakan akses informasi yang tepat waktu untuk meningkatkan pelayanan medis, mengurangi kesalahan medis, dan harus mampu memantau kegiatan pelayanan dan mengendalikan biaya operasional. Permasalahan yang ada yaitu masih terdapat beberapa unit yang belum terintegrasi dengan alasan SIMRS Khanza ini sifatnya umum/terbuka (Open source) bisa dipakai di semua rumah sakit sehingga perlu IT rumah sakit untuk mengembangkan/mengintegrasikannya tetapi masalah untuk saat ini memang ada kendala yaitu masalah alur yang ditetapkan di SIMRS Khanza dengan alur yang di tetapkan oleh Rumah Sakit agak sulit untuk dikoneksikan sehingga mau tidak mau untuk di beberapa unit masih menggunankan manual untuk melakukan pencatatan dan pelaporan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi manajemen Rumah Sakit Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Tahun 2023. Jenis pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai/staf di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah 1 Muhammadiah Cabang Makassar dengan menggunalan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling maka didapatkan sampel yaitu 104 pegawai. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan analisis univariat, bivariat, dan multivariat dengan teknik olah data SPSS 16 menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna dengan nilai p-value 0,029 < 0,05, terdapat pengaruh antara kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna dengan nilai pvalue 0,014 < 0,05, dan terdapat pengaruh antara kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai p-value 0,014 < 0,05.
Kata Kunci : Sistem, Informasi, Layanan, dan Kepuasan Pengguna SIMRS
Detail Information
Bagian
Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang
Dr. Darmawati Junus, SKM.,M.Kes - Personal Name (Pengarang)Sriyani Windarti, SKM.,M.Kes - Personal Name (Pengarang)ADE FEBRIJAL - Personal Name (Pengarang)
Edisi
No. Panggil
610.7 ADE p
Subyek
Klasifikasi
610.7
Judul Seri
GMD
Skripsi
Bahasa
English
Penerbit
S1 Administrasi Rumah Sakit
Tahun Terbit
2023
Tempat Terbit
IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Citation
APA Style
Dr. Darmawati Junus, SKM.,M.Kes . (2023).
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit
Chicago Style
Dr. Darmawati Junus, SKM.,M.Kes .
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi
MLA Style
Dr. Darmawati Junus, SKM.,M.Kes .
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi
Turabian Style
Dr. Darmawati Junus, SKM.,M.Kes .
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR TAHUN 2023 ().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Skripsi