PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PEMBELIAN LAYANAN TELEMEDICINE DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN
ABSTRAK
PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN BRAND
AWARENESS TERHADAP PEMBELIAN LAYANAN TELEMEDICINE DI
RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN
Yuliana Syarifuddin
Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar
Jl Garuda No 3 AD Makassar
Email: yulianasyarifudin276@gmail.com
Permasalahan SDM Indonesia di bidang kesehatan yang utama adalah
kekurangan tenaga kesehatan baik dari segi jumlah, jenis, distribusi dan kualitas
masih menjadi masalah. Layanan telemedicine tercipta untuk mempermudah
masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang merata yang didukung
dengan kecanggihan teknologi. Layanan telemedicine Rumah Sakit Universitas
Hasanuddin selama 6 tahun terakhir telah mengalami fluktuasi. Oleh Karena Itu
Rumah Sakit perlu menyusun upaya yang tepat untuk dapat meningkatkan
pembelian layanan telemedicine karena layanan ini sangat membantu dan
mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan hingga ke
pelosok tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital
marketing, word of mouth dan brand awareness terhadap pembelian layanan
telemedicine di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini yaitu 33 pasien telemedicine yang telah melakukan pemeriksaan di
Klinik Nyiur Banggai dan hasil pemeriksaannya dibacakan oleh Rumah Sakit
Universitas Hasanuddin. Teknik sampling yang digunakan adalah volunteer
sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial digital marketing tidak
berpengaruh signifikan terhadap pembelian layanan telemedicine RS Universitas
Hasanuddin, word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian
layanan telemedicine RS Universitas Hasanuddin, brand awareness berpengeruh
signifikan terhadap pembelian layanan telemedicine RS Universitas Hasanuddin
dan secara simultan ada pengaruh signifikan digital marketing, word of mouth
dan brand awareness terhadap pembelian layanan telemedicine RS Universitas
Hasanuddin.
Kata Kunci : Digital Marketing, Word Of Mouth, Brand Awareness dan
Telemedicine
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Pernyataan Tanggungjawab |
|
| Pengarang |
Tri Wahyudi - Personal Name (Pengarang)Dian Ekawati, SKM.,M,.Kes - Personal Name (Pengarang)YULIANA SYARIFUDDIN - Personal Name (Pengarang) |
| Edisi |
|
| No. Panggil |
610.7 YUL p |
| Subyek |
|
| Klasifikasi |
610.7 |
| Judul Seri |
|
| GMD |
Text |
| Bahasa |
English |
| Penerbit |
S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Tahun Terbit |
2023 |
| Tempat Terbit |
IIK Pelamonia |
| Deskripsi Fisik |
|
| Info Detil Spesifik |
|
Citation
Tri Wahyudi. (2023).
PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PEMBELIAN LAYANAN TELEMEDICINE DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit
Tri Wahyudi.
PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PEMBELIAN LAYANAN TELEMEDICINE DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Text
Tri Wahyudi.
PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PEMBELIAN LAYANAN TELEMEDICINE DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Text
Tri Wahyudi.
PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PEMBELIAN LAYANAN TELEMEDICINE DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN().IIK Pelamonia:S1 Administrasi Rumah Sakit,2023.Text