ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN (SERVICE EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023
Kepuasan pasien merupakan suatu tingkatan perasaan pasien yang
muncul sebagai akibat dan konsekuensi dari setiap kinerja pelayanan kesehatan
yang diperolehnya setelah pasien melakukan perbandingan dengan apa yang
diinginkannya, perlunya Kepuasan yang dirasakan pasien atas pelayanan yang
dibutuhkan karena kepuasan menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan
dan mutu pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh service experience Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di rumah
Sakit Bhayangkara Makassar Tahun 2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
menggunakan desain Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini
adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar dengan sampel
sebanyak 328 responden yang di tentukan melalui teknik simple random
sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder.
Analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat, dan analisis
multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Functional Clues (p=0.00),
Mechanic Clues (p=0.00), Humanic Clues (p=0.02), Hedonic (p=0.00), Product
Experience (p=0.00) dan dimensi hedonic yang berpengaruh secara signiji
Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap rumah Sakit Bhayangkara Makassar.
Disarankan pada pihak rumah sakit untuk meningkatkan keramahan dan
perhatian kepada pasien dan keluarga pasien, ketepatan dan kepastian waktu
visite setiap hari, penyediaan fasilitas atau sarana yang dapat menunjang
keamanan dan kenyamanan pasien dalam memberikan pelayanan yang merata
bagi seluruh pasien serta semua kelas perawatan.
Kata Kunci : fungsional, mekanis, kemanusiaan, hedonik, pengalaman
produk dan kepuasan pasien
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Pernyataan Tanggungjawab |
|
| Pengarang |
RESKY - Personal Name (Pengarang)Sriyani Windarti, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Adriana Adevia Nuryadin, S.E.,M.Ak - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)Ricky Perdana Poetra, SKM.,M.Kes - Personal Name (Ketua Penguji) |
| Edisi |
|
| No. Panggil |
610.7 RES a |
| Subyek |
|
| Klasifikasi |
610.7 |
| Judul Seri |
|
| GMD |
Text |
| Bahasa |
English |
| Penerbit |
INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA |
| Tahun Terbit |
2023 |
| Tempat Terbit |
IIK Pelamonia |
| Deskripsi Fisik |
|
| Info Detil Spesifik |
|
Citation
RESKY. (2023).
ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN (SERVICE EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
RESKY.
ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN (SERVICE EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Text
RESKY.
ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN (SERVICE EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Text
RESKY.
ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN (SERVICE EXPERIENCE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Text