Detail Cantuman

ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023

ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023


Menjaga mutu pelayanan sangat penting dilakukan agar kepuasan pasien
dapat tercapai mengingat persaingan rumah sakit semakin kompetitif terutama
untuk rumah sakit pemerintah. RSUD Labuang Baji sebagai salah satu unit
pelayanan instansi pemerintah senantiasa mengharuskan pihak manajemen
meningkatkan mutu pelayanannya agar mampu memberikan pelayanan yang
optimal kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan metode
ServQual di RSUD Labuang Baji Tahun 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode crosssectional
study. Penelitian ini dilakukan di rawat inap RSUD Labuang Baji
dengan sampel 242 responden yang ditentukan melalui teknik purposive
sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder.
Analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat, metode ServQual
dan analisis multivariat.
Hasil penelitian menggunakan uji chi-square menunjukkan bahwa dimensi
efektivitas (p=0,000) memiliki gap sebesar -1,19, efisiensi (p=0,000) memiliki gap
sebesar -0,88, aksesibilitas (p=0,000) memiliki gap sebesar -1,38, berpusat pada
pasien (p=0,000) memiliki gap sebesar -1,06, keselamatan pasien (p=0,000)
memiliki gap sebesar -1,23, ketepatan waktu (p=0,000) memiliki gap sebesar -
1,09 dan keadilan (p=0,000) memiliki gap sebesar -1,18 berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pasien. Sedangkan hasil uji regresi linear berganda
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mutu pelayanan secara simultan
terhadap kepuasan pasien rawat inap (p=0,000). Disarankan kepada pihak
RSUD Labuang Baji agar mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan
rumah sakit.
Kata Kunci : mutu pelayanan, kepuasan pasien, metode ServQual, rumah
sakit


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nurhikmah - Personal Name (Pengarang)
Hj. Afriana Amelia Nuryadin, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Sriyani Windarti, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Mohammad Ardani Samad, S.Pd.,M.Pd - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.7 NUR a
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Nurhikmah. (2023).ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA

Nurhikmah.ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Text

Nurhikmah.ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Text

Nurhikmah.ANALISIS PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023().IIK Pelamonia:INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA,2023.Text

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet