Detail Cantuman

ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT TK. II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023

ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT TK. II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023


Indikator Kinerja Rawat Inap merupakan gambaran untuk mengetahui
tingkat pemanfaatan, mutu, efisiensi pelayanan rawat inap dan efisiensi
penggunaan tempat tidur di rumah sakit. Maka untuk mengukur dan melihat hal
tersebut dilihat dari loyalitas pasien. Apalagi disituasi pasca covid-19 ini,
persentase keterisian tempat tidur menurun di beberapa wilayah di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas pasien berdasarkan
indikator kinerja rawat inap pasca pandemi covid-19 di Rumah Sakit Tk. II
14.05.01 Pelamonia Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di
ruang rawat inap dengan sampel sebanyak 300 responden yang ditentukan
melalui teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
kuesioner dan data sekunder rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas pasien berdasarkan
indikator Bed Occupancy Rate (BOR), Average Length Of Stay (ALOS), Turn
Over Internal (TOI), Bed Turn Over (BTO), Net Death Rate (NDR) dan Gross
Death Rate (GDR) berada pada kategori baik dengan jawaban responden
≥62,5%. Disarankan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan lagi
kinerjanya khususnya kinerja rawat inap agar pasien tertarik untuk melakukan
kunjungan ulang dan tetap menggunakan pelayanan yang ada di Rumah Sakit
Tk. II 14.05.01 Pelamonia Makassar.
Kata Kunci : loyalitas, kinerja rawat inap


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang ULIL AZMI - Personal Name (Pengarang)
Dr. Darmawati Junus, SKM.,M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Mohammad Ardani Samad, S.Pd.,M.Pd - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Reski Dewi Pratiwi, SKM.,M.Kes - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi
No. Panggil 610.07 ULI a
Subyek
Klasifikasi 610.7
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit IIK Pelamonia
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

ULIL AZMI. (2023).ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT TK. II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:

ULIL AZMI.ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT TK. II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:,2023.Text

ULIL AZMI.ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT TK. II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:,2023.Text

ULIL AZMI.ANALISIS LOYALITAS PASIEN BERDASARKAN INDIKATOR KINERJA RAWAT INAP PASCA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT TK. II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2023().IIK Pelamonia:,2023.Text

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet